Riwayat Hidup Michael Faraday, Ilmuwan Fisika.

 on Selasa, 20 Oktober 2015  

Riwayat Hidup Michael Faraday, Ilmuwan Fisika.

 Michael Faraday. merupakan salah satu ilmuwan terkemuka pada abad ke-19. Ia berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dari kecil hidupnya selalu menderita. Ayahnya hanya seorang pandai besi. Karena ketidakberdayaan orang tuanya, Faraday tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Faraday hanya diberi pendidikan dasar membaca dan menulis. Pada usia 14 tahun ia sudah mencari nafkah membantu meringankan beban orang tuanya. Ia bekerja di sebuah perusahaan penjilidan, dan juga ikut menjualnya. Kesempatan ini tidak disia-siakan Faraday, ia selalu menyempatkan diri untuk membaca buu-buku sebelum dijilid atau dijual. Pada suatu ketika, ia membaca sebuah artikel tentang kelistrikan. Tulisan ini sangat menarikperhatiannya. Dari sinilah babak baru kehidupan Faraday dimulai. Dengan kegigihannya, anak pandai besi ini menjadi termasyhur di zamannya. Ia banyak memberikan sumbangan dalam bidang fisika dan kimia terutama dalam bidang elektromanetisme.
Michael Faraday lahir di Newington, Inggris pada tahun 1971. Faraday terlahir sebagai anak yang tampan, cerdas dan berbakat. Ia memulai karirnya pada usia 21 tahun ketika ia ditunjuk menjadi asisten Sir Humphry Davy, kimiawan Inggris terkemuka. Faraday membuat banyak penemuan penting dalam bidang Fsika dan KImia saat ia bekerja di Royal Institution, London. Pada tahun 1831, setelah membaca karya Orsted, Faraday berkesimpulan bahwa perubahan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik. Penemuannya ini dikenal dengan Hukum Faraday, yang membuat namanya menjadi termasyhur di seluruh dunia. Dalam hal ini, sebenarnya Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, yang merupakan “induk” dari semua motor listrik yang dipergunakan oleh orang diseluruh dunia saat ini.
Faraday juga telah memberikan sumbangan dalam bidang kimia. Sumbangannya yang terkemuka adalah penelitiannya di bidang elektronika yang dikenal dengan “hukum Elektrolisis“. Faradaylah yang memopulerkan istilah anode, katode, elektrode, dan ion. Ia juga telah menemukan cara mengubah gas menjadi cairan dan menemukan berbagai jenis cairan kimia termasuk benzena.
Michael Faraday orangnya sangat sederhana dan tidak senang akan pujian dan sanjungan. Ia tidak mengejar uang dan kekayaan. Ia menolak gelar kebangsawanan dan jabatan ketua British Royal Society. Sampai akhir hayatnya ia hidup bersama istri tercinta. Faraday meninggal dengan tenang di dekat kota London pada tahun 1867.

Riwayat Hidup Michael Faraday, Ilmuwan Fisika. 4.5 5 Unknown Selasa, 20 Oktober 2015 Riwayat Hidup Michael Faraday, Ilmuwan Fisika.   Michael Faraday. merupakan salah satu ilmuwan terkemuka pada abad ke-19. Ia berasal...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bonbez Bloggs. Diberdayakan oleh Blogger.
Bonbez Bloggs